Tuesday, March 27, 2007

By The Hand of God

Manusia hanya bisa berusaha..tapi pada akhirnya Tuhan-lah yang menentukan..

Baru saja saya selesai shalat Dzuhur, dan tidak lupa mengucapkan doa yang belakangan ini sering sekali saya ucapkan.
"Apabila dia baik untuk saya, maka mudahkanlah segala urusan kami. Apabila tidak, tunjukkanlah jalannya.."
Lalu saya mencoba menghubungi nomor di speed dial #2 di hp saya itu, dan tiba-tiba saja hp saya tidak bisa melakukan panggilan keluar. Sungguh suatu kebetulan yang sangat tepat. Saya kemudian mencoba lagi beberapa kali hingga akhirnya saya sampai pada kesimpulan bahwa Tuhan memang tidak mengizinkan saya untuk menghubungi orang tersebut..
Akhirnya saya tidak bisa berbuat apa-apa. Kalau Tuhan sendiri yang sudah campur tangan-which is Tuhan memang selalu campur tangan dalam segala sesuatu-saya tidak bisa berkutik.
Semoga saya tidak salah menafsirkan apa yang Tuhan tunjukkan. Bukan sekali itu saya meminta petunjuk dalam hal ini. Shalat istikharah sudah sempat beberapa kali saya lakukan. Mungkin orang akan menertawakan saya karena saya shalat istikharah hanya untuk hal yang bisa dibilang remeh temeh ini. Agak menggelikan memang, tapi yang saya tahu, satu-atunya yang pasti membantu kita dalam hal apapun hanya Yang Mahakuasa, terutama di saat tidak satu pun orang yang bisa membantu.
Hanya Dia yang bisa..Hanya Dia yang bersedia..
Mendengarkan semua keluh kesah..Membantu semua kesulitan..Menunjukkan semua yang kita butuhkan..
Sebanyak apapun kita mengeluh..Sesering apapun kita bertanya..Sebanyak apapun air mata yang mengalir..Sebanyak apapun dan sesering apapun kita memohon..
Dia tidak pernah bosan mendengar..tak pernah enggan memberi petunjuk..bahkan mengabulkan permohonan kita..

Aneh..saat menulis ini, jujur, saya baru tersadar akan semua itu. Saya baru teringat kembali. Selama ini mungkin kita terlalu terfokus pada manusia, pertolongan manusia. Tapi, yang seringkali kita lupa, yang menggerakkan hati orang lain untuk membantu kita, siapa lagi jika bukan Tuhan..?

Yah..hanya sebuah renungan yang ingin saya bagi..tanpa sedikitpun bermaksud menggurui..

2 comments:

Anonymous said...

Seringkali hati kita tertutupi oleh keegoisan diri..
Membuat kita menyalahkan Tuhan atas hal2 "buruk" yang tlah menimpa..

"Tolonglah Tuhan, beri petunjuk-Mu..
Arah yang benar.. Menuju jalan-Mu..
Agar tak tersesat.. Di persimpangan.."

Amiin..

Anonymous said...

You write very well.